POST TERBARU

Pengertian Desain Grafis


PENGERTIAN DESAIN GRAFIS

Desain Grafis terdiri dari dua kata adalah Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses yang sedang dilakukan dengan cara mengatur dan merancang. Sedangkan Grafis yaitu titik dan garis yang berhubungan satu sama lain dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran seseorang individu yang menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Dan di dalam Wikipedia Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks atau kata-kata juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dilihat. 

PRINSIP DAN UNSUR DESAIN GRAFIS


Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (shape, form), tekstur, garis, ruang, dan warna membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi dan kesatuan, kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS

Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh "William Addison Dwiggins",dia adalah seorang desainer buku Amerika. Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebuah buku pertama kali yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya "The signage in the London Underground" adalah contoh Desain Klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh "Edward Johnston" pada tahun 1916.

Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dan lain-lain. 

Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul "New Typography". 

Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, dan El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. 

Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama- nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan menerapkannya padaiklan dan desain logo. 

Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Germany untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa. 

Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon” 

Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan tehnik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Tehnik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”. Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene.

BIDANG STUDI YANG BERKAITAN DENGAN DESAIN GRAFIS


– Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
– Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
– Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
– Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
– Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dengan komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
– Desain Grafis dan Tipografi

Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.

MANFAAT DAN PENERAPAN DALAM MASYARAKAT
1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
Contoh : Sang desain bisa memberikan hasil karya dengan menyajikan presentasi pekerjaan berupa gambar,chart,atau sebuah tulisan dengan gaya desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan.
2. Memperkenalkan dunia Desain Grafis kepada masyarakat luas.
Contoh : Lingkuangan masyarakat berupa penggunaan fasilitas atau sarana bisa mewakili dengan simbol-simbol atau gambaran tentang norma masyarakat.
3. Memperkenalkan kepada masyrakat luas tentang program aplikasi Desain Grafis.
Contoh : Sang desain yang sudah professional dalam bidang desain grafis dengan aplikasi kesehariannya. Akan bisa menularkan ilmu yang dimilikinya kepada sang junior yang ingin belajar.
CONTOH SOFTWARE DESAIN GRAFIS, KELEBIHAN & KEKURANGANNYA
1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang di khususkan untuk mengedit foto atau gambar & pembuatan efek. Software ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan / advertisement sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk mengedit gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:

• RGB color model

• Lab color model

• CMYK color model

• Grayscale

• Bitmap

• Duotone







KELEBIHAN ADOBE PHOTOSHOP : 

1. Membuat tulisan dengan efek tertentu.

Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool efek yang ada didalamnya.

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

-PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.

-PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb

-PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

2. Membuat tekstur dan material yang unik

Dengan langkah-langkah yang sudah diketahui desainer untuk mengedit, seorang desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan macam macam gambar lainnya yang bisa dibuat.

3. Mengedit Foto dan Gambar

Ada desaingrafisvector and vexel.Adobe menyediakan filter "reduce grain" yang dapat membantu foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya menjadi lebih bagus.


KELEMAHAN ADOBE PHOTOSHOP :

Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan dengan berkembangnya versi photoshop yang sekarang ini spesifikasi komputer juga harus sudah tinggi untuk menjalankan program photoshop ini dan yang pasti diimbangi oleh harga yang tinggi.




2. Corel Draw

Corel Draw adalah aplikasi editor yang dibuat oleh Corel, perusahaan perangkat lunak yang berada di Ottawa, Kanada. CorelDraw adalah salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang sudah banyak dipakai oleh pengguna PC/Komputer. Karena CorelDraw banyak kemudahan dalam pemakaian maka CorelDraw banyak digunakan oleh desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.

KELEBIHAN COREL DRAW :

1. Gambar berbasis vector merupakan hasil akhir yang dapat di press menjadi kecil dengan kualitas tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap. Karena itulah gambar berbasis vector banyak digunakan.

2. Tampilan yang friendly dan mudah dipelajari.

KEKURANGAN COREL DRAW :


1. Banyak memakan memori dan resource lain yang sangat besar dan bila gambar yang dibuat banyak mempunyai detail. Pada PC yang low pengguna sering menimbulkan pesan "crash" pada sistem bahkan dalam proses efek bevel/emboss dalam PC yang bagus menimbulkan pesan "hang".

2. File yang dibuat sangat besar kapasitasnya.

3. Warna yang dicetak tidak bagus/akurat.



Hasil gambar
3. Blender 3D
Blender adalah Perangkat lunak sumber terbuka komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3Dinteraktif dan video game.





KELEBIHAN BLENDER 3D : 

1. Tidak membutukan kapasistas yang banyak 

2. Software yang open source.

3. Tidak berat saat melakukan render.

4. Mudah digunakan dan dapat dilepajari.


KEKURANGAN BLENDER 3D :

1. Tools yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max.

2. Tampilan yang berantakan.

3. Semua proses dilakukan manual.



Sumber : 

https://ilmumendesain.blogspot.co.id/p/sejarah-dan-perkembangan-desain-grafis.html
http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html
http://kelasdesain.com/5-bidang-studi-yang-berkaitan-dengan-desain-pemodelan-grafik/
http://www.infocreativemedia.com/manfaat-desain-grafis-dalam-kehidupan-sehari-hari/
http://gosain808.blogspot.co.id/2016/09/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi.html
http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html
https://www.yuksinau.id/desain-grafis/








No comments:

Post a Comment

LightBlog