POST TERBARU

Pengantar Teori Game


Pengantar Teori Game
                Definisi pengantar teori game adalah studi tentang model matematika yang berkaitan dengan konflik maupun kerja sama antara para pembuat keputusan yang cerdas dan rasional. Teori game juga terkait dengan tindakan yang dilakukan para pengambil keputusan mereka menyadari bahwa pilihan tindakan yang diambil akan mempengaruhi satu sama lain.
                Definisi dari game adalah sebuah aktivitas interaktif sukarela, dimana satu atau lebih pemain mengikuti peraturan yang telah di tentukan dalam game tersebut. Atau juga Game merupakan kata dalam bahasa inggris yang berarti permainan, permainan adalah salah satu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga adanya menang dan kalah dalam sebuah permainan. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi strategi.
Contoh game : Catur,Ular Tangga,Monopoli dll.


Manfaat dari Pengantar Teori Game
1. Mengembangkan suatu kerangka untuk analisa pengambilan keputusan dalam situasi persaingan antara player.
2. Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi dalam mencapai tujuan.
3. Memberi gambaran dan penjelasan fenomena situasi persaingan /konflik seperti perang/war dalam sebuah game.


Game Engine Processing
                Game engine adalah sebuah system perangkat lunak yang dirancang untuk pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep yang akan dibuat. Mulai dari system rendering,physics,sound ,A.I, dan bahkan system networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa/nyawa dari seluruh aspek pembuatan game.
Game engine mempunyai tipe-tipe :
·         Roll-your-own game engine
Game engine ini lebih disukai karena dapat digunakan secara gratis, selain itu game engine ini diperbolehkan untuk para developer dibuat untuk pengembangan game engine mereka sendiri. Tetapi ada kelemahan dalam game engine ini sendiri yaitu menyerang balik developernya seperti dari namanya.

·         Mostly-ready game engine
Game engine ini biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI,physics,libraries model, texture dll tetapi di game engine ini memiliki beberapa keterbatasan tidak seperti game engine sebelumnya yang terbuka lebar untuk developernya.
·         Point-and-click engines
Engine ini yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan user friendly. Developer game bahkan bisa membuat game sendiri menggunakan engine seperti Game Maker,Unity 3D dll.


Teori Game dan Algoritma
Teori game dan algortima yang sering di gunakan oleh beberapa vendor pembuat game, seperti obisoft, gameloft dan lain lain. Dan algortima yang sering di gunakan, dalam penulisan ini akan membahas tentang algoritma greedy, brute force, minimax, dan forward chaining.
Algoritma Greedy
Algortima ini bisa di kenal dengan sebutan sebagai algoritma yang paling rakus, algortima ini keluar sesudah algoritma brute force, algortima ini hanya mengesekusi yang paling teratas terlebih dahulu, selalu menjalankan konndisi yang paling pertama, contoh dalam percabangan adalah if dan else saja, tidak ada if bercabang.
Lalu algoritma ini lebih sering di gunakan untuk memenagkan game yang menggunakan algoritma brute force.

Algoritma Brute force
Algortima ini adalah algortima yang mencoba segala kondisi, maka itu dering di katakan tidak mangkus, karna selalu mencoba semua cara dan memakan memory dan waktu dalam proses, kalau di contohkan dalam game, object nya akan selalu mengikuti player, float ( bergelombang  ) naik dan turun.

Algoritma Minimax
Algortima ini menjelaskan tentang game catur, karna konsep dasar algortima ini menjalankan perintah, lalu sudah melihat langkah langkah di depan nya untuk jalan kan langkah selanjut nya.

Algoritma Forwad Chaining
Algoritma ini merupakan metode inferensi yang melakukan penalaran dari suatu masalah kepada solusinya. Jika klausa premis sesuai dengan situasi (bernilai TRUE), maka proses akan menyatakan konklusi. Forward chaining adalah data-driven karena inferensi dimulai dengan informasi yang tersedia dan baru konklusi diperoleh. Bisa dibilang Forward Chaining terdiri dari kumpulan statement IF yang berantai.

Source :
http://azizsudrajat95.wixsite.com/myblog/single-post/2016/03/24/Teori-Game-dan-Algortima-Game

No comments:

Post a Comment

LightBlog