Pengantar Teori Game
Definisi
pengantar teori game adalah studi tentang model matematika yang berkaitan
dengan konflik maupun kerja sama antara para pembuat keputusan yang cerdas dan
rasional. Teori game juga terkait dengan tindakan yang dilakukan para pengambil
keputusan mereka menyadari bahwa pilihan tindakan yang diambil akan
mempengaruhi satu sama lain.
Definisi
dari game adalah sebuah aktivitas
interaktif sukarela, dimana satu atau lebih pemain mengikuti peraturan yang
telah di tentukan dalam game tersebut. Atau juga Game merupakan kata dalam
bahasa inggris yang berarti permainan, permainan adalah salah satu yang dapat
dimainkan dengan aturan tertentu sehingga adanya menang dan kalah dalam sebuah
permainan. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara
sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi strategi.
Contoh game : Catur,Ular Tangga,Monopoli dll.
Manfaat dari Pengantar Teori Game
1. Mengembangkan suatu kerangka untuk
analisa pengambilan keputusan dalam situasi persaingan antara player.
2. Menguraikan metode kuantitatif
yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih
strategi dalam mencapai tujuan.
3. Memberi gambaran dan penjelasan
fenomena situasi persaingan /konflik seperti perang/war dalam sebuah game.
Game Engine Processing
Game
engine adalah sebuah system perangkat lunak yang dirancang untuk pengembangan
suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep
yang akan dibuat. Mulai dari system rendering,physics,sound ,A.I, dan bahkan
system networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa/nyawa dari seluruh
aspek pembuatan game.
Game engine mempunyai tipe-tipe :
·
Roll-your-own game engine
Game engine ini lebih disukai karena dapat digunakan secara gratis,
selain itu game engine ini diperbolehkan untuk para developer dibuat untuk
pengembangan game engine mereka sendiri. Tetapi ada kelemahan dalam game engine
ini sendiri yaitu menyerang balik developernya seperti dari namanya.
·
Mostly-ready game engine
Game engine ini biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer
game seperti GUI,physics,libraries model, texture dll tetapi di game engine ini
memiliki beberapa keterbatasan tidak seperti game engine sebelumnya yang
terbuka lebar untuk developernya.
·
Point-and-click engines
Engine
ini yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan user friendly. Developer game
bahkan bisa membuat game sendiri menggunakan engine seperti Game Maker,Unity 3D
dll.
Teori Game dan Algoritma
Teori game dan algortima yang sering di gunakan oleh beberapa
vendor pembuat game, seperti obisoft, gameloft dan lain lain. Dan algortima
yang sering di gunakan, dalam penulisan ini akan membahas tentang algoritma
greedy, brute force, minimax, dan forward chaining.
Algoritma
Greedy
Algortima
ini bisa di kenal dengan sebutan sebagai algoritma yang paling rakus, algortima
ini keluar sesudah algoritma brute force, algortima ini hanya mengesekusi yang
paling teratas terlebih dahulu, selalu menjalankan konndisi yang paling
pertama, contoh dalam percabangan adalah if dan else saja, tidak ada if
bercabang.
Lalu
algoritma ini lebih sering di gunakan untuk memenagkan game yang menggunakan
algoritma brute force.
Algoritma
Brute force
Algortima
ini adalah algortima yang mencoba segala kondisi, maka itu dering di katakan
tidak mangkus, karna selalu mencoba semua cara dan memakan memory dan waktu
dalam proses, kalau di contohkan dalam game, object nya akan selalu mengikuti
player, float ( bergelombang ) naik dan turun.
Algoritma
Minimax
Algortima
ini menjelaskan tentang game catur, karna konsep dasar algortima ini
menjalankan perintah, lalu sudah melihat langkah langkah di depan nya untuk
jalan kan langkah selanjut nya.
Algoritma
Forwad Chaining
Algoritma
ini merupakan metode inferensi yang melakukan penalaran dari suatu masalah
kepada solusinya. Jika klausa premis sesuai dengan situasi (bernilai TRUE),
maka proses akan menyatakan konklusi. Forward chaining adalah data-driven
karena inferensi dimulai dengan informasi yang tersedia dan baru konklusi
diperoleh. Bisa dibilang Forward Chaining terdiri dari kumpulan statement IF
yang berantai.
Source :
http://valentine.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/41688/Pengantar+Teori+Game+(01) https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/5926/Bab%202.pdf?sequence=10
http://azizsudrajat95.wixsite.com/myblog/single-post/2016/03/24/Teori-Game-dan-Algortima-Game
No comments:
Post a Comment