POST TERBARU

Contoh Games Pengambilan Keputusan


Games Pengambilan Keputusan

Contoh Game Yang Menggunakan Konsep Pohon Keputusan
Game Pemilihan Jalur Lintasan Sepeda


Game pemilihan lintasan ini dilengkapi dengan sistem rekomendasi untuk pemain. Rekomendasi ini terdiri dari apakah pemain adalah seorang yang sedang ingin olahraga ringan(untuk sehat), sedang(untuk kebugaran atau untuk peforma? Sehingga digunakanlah metode decisioon tree sebagai metode yang akan mengklasifikasi setiap permainan berdasarkan parameter jumlah denyut nadi permenit, usia dan jenis kelamin tiap pemain
  

Game Akinator

Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana pohon keputusan bisa membuat akinator menciptakan tebakan-tebakan akurat yang menakjubkan. Dalam hal ini, kita akan mencontohkan bahwa Akinator memiliki database yang mengandung nama-nama tokoh beserta dengan ciri-ciri mereka. Ciri-ciri inilah yang akan menjadi simpul-simpul di pohon keputusan sehingga dengan membandingkan ciri-ciri tokoh yang diinginkan oleh pemain dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang tokoh di dalam database akan menghasilkan keputusan berupa tebakan siapa tokoh yang dipikirkan oleh pemain. Kita mencoba mensimulasikan bagaimana prinsip kerja akinator ini dengan menggunakan data sederhana. Akan ada 8 tokoh yang ingin kita tebak. Pohon yang digunakan adalah pohon keputusan biner karena di Akinator, persoalan dasar pada setiap pertanyaan petunjuk adalah persoalan “ya” atau “tidak”.


Contoh Game Yang Menggunakan Konsep state machine
Game Simulasi Pertanian dan Peternakan

Game simulasi finite machine untuk pertanian dan peternakan Finite State Machine (FSM) terdiri dari serangkaian state yang menentukan pengambilan keputusan. Setiap state dapat berpindah ke state lainnya jika memenuhi kondisi yang telah ditentukan sebelumnya.



Game edukasi berbasis RPG


Game edukasi adalah salah satu contoh dari media pembelajaran melalui game. Game edukasi menerapkan sistem pembelajaran langsung dengan pola learning by doing. Proses pembelajaran yang dilakukan dapat melalui tantangan – tantangan dan pertanyaan-pertanyaan edukatif yang ada dalam permainan game. Dari pola yang diterapkan game edukasi, pemain akan dituntut melakukan proses pembelajaran secara mandiri. Dalam penyajiannya, game edukasi dapat menerapkan jenis game RPG (Role Playing Game) yang akan membimbing pemain secara aktif menggali informasi untuk memperkaya pengetahuan saat bermain (Nurul, 2011). Role Playing Game (RPG) adalah salah game pemain peran yang memiliki unsurunsur penceritaan yang kompleks serta seni peran yang membuat seseorang merasa seperti menjadi tokoh yang diperankannya dalam game tersebut, game ini dapat mengembangkan karakter mulai dari nol dan berpetualang sampai ke arah tujuan (Erwin, 2013). Banyak penguna game pada umumnya untuk mengisi waktu luang dan mendapatkan kesenangan semata, tanpa mengetahui game dapat dimanfaatkan untuk pendidikan dan meningkatkan minat belajar.

Contoh Game Yang Menggunakan Konsep fuzzy logic
Game Memancing

Game memancing akan menarik apabila game tersebut benar-benar merepresentasikan kejadian nyata secara detail. Salah satu cara pembuatan game memancing agar terlihat nyata yaitu diberikan sebuah kecerdasan buatan. Salah satu cabang kecerdasan buatan adalah logika fuzzy.


Game Song of Ruination 2

pada game (permainan) bertipe Action-RPG yang berjudul "Song of Ruination 2". Logika fuzzy adalah cabang dari sistem kecerdasan buatan (artificial intelegent) yang mengemulasi kemampuan manusia dalam berfikir ke dalam bentuk algoritma yang kemudian dijalankan oleh mesin. Setiap musuh dan pemain memiliki status kekuatan, terdiri dari attack (Kekuatan serang), defense (Ketahanan), speed (Kecepatan gerak), agility (Kemampuan menghindar) dan life (Nyawa). Terdapat 3 jenis musuh, yaitu penyerang, pemanah dan boss. Musuh penyerang akan menyerang dari jarak dekat dengan pedang. Musuh ini memiliki parameter input fuzzy yaitu nyawa dan jarak, dia akan mundur ketika nyawanya lemah atau jaraknya dekat dengan pemain. Musuh pemanah memiliki parameter input fuzzy yaitu amunisi dan jarak, dia akan mundur ketika didekati pemain atau ketika amunisinya sedikit. Musuh boss memiliki parameter input fuzzy yaitu nyawa dan jarak, ia sangat agresif, ia mundur ketika nyawanya sangat sedikit. Penerapan fuzzy dalam permainan ini telah berjalan dengan baik, dimana musuh tipe penyerang menjadi cukup agresif (45% perilaku menyerang), tipe pemanah agresif jika berada pada jarak jauh (49% perilaku menyerang), dan musuh boss sangat agresif(89% perilaku menyerang).

Contoh Game Yang Menggunakan Konsep Markov sistem
Game ular tangga


Permainan Ular Tangga adalah contoh kasus sederhana dari Markov Chain, sebuah proses dimana state selanjutnya hanya ditentukan oleh state saat itu dan sebuah probabilitas.



Game Monopoli


Permainan monopoli termasuk dalam proses stokastik. Salah satu bentuk khusu dari proses stokastik dalam rantai markov, sehinnga rantai markov digunakan untuk menggambarka probabilitas perpindahan bidak pada permainan monopoli dalam bentuk matriks transisi probabilitas.



Contoh Game Yang Menggunakan Konsep rule based system
Game kartu capsa
Capsa adalah jenis game kartu remi yang biasanya dimainkan oleh empat orang. Capsa diambil dari bahasa Tionghoa yang artinya 13. Capsa ini juga dikenal dengan nama Big Two dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu capsa susun dan capsa banting. Dalam hal ini penulis akan menjelaskan tentang capsa banting.

Rule-based system dibuat untuk memecahkan masalah dengan aturan yang dibuat berdasarkan pengetahuan dari pakar. Aturan tersebut memiliki kondisi(if) dan tindakan(then). Peraturanperaturan tersebut akan di masukkan ke dalam mesin aplikasi. Dengan beberapa penyocokan pola dan aturan dari applier. Mesin akan mencocokan dengan pengaturan yang ada dan menentukan aturan yang berhubungan. Rule-based mudah untuk digunakan dan dimengerti, namun rule-based tidak dapat membuat peraturan baru atau memodifikasi peraturan yang ada dengan sendirinya karena rule-based tidak dirancang untuk dapat belajar.


Game space impact

aplikasi perangkat lunak permainan Space Impact denganmenggunakan   Macromedia  Flash   8,   dan   memanfaatkan   Action   script2.0   yang   disediakan   olehMacromedia Flash 8. dimana permainan yang dirancang berbasis AI (artifical intelligence) dengankonsep Rule Base Sistim, musuh dibuat dapat berpikir seperti pemain lainnya. Pembuatan aplikasi inibertujuan untuk mengetahui cara kerja suatu agen cerdas ( Artifical Intelilligence ) disamping itu jugadapat   mengasah   ketangkasan   dan  ketepatan   dalam   berpikir   serta   menembak   sesuatu   hal.   Kuncipermainan ini adalah menghindari  arah tembakan dari pesawat lawan, kemudian melakukan tembakanke pesawat lawan dengan menggunakan peluru yang disediakan dalam permainan.








DAFTAR PUSTAKA :
http://etheses.uin-malang.ac.id/2936/1/11650066.pdf
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2013-2014/Makalah2013/MakalahIF2120-2013-088.pdf
http://repository.petra.ac.id/16408/1/Publikasi1_01043_736.pdf
https://www.researchgate.net/profile/Dahlan_Abdullah2/publication/292005957_GAME_EDUKASI_BERBASIS_ROLE_PLAYING_GAME_DENGAN_METODE_FINITE_STATE_MACHINE/links/56a89ad208ae860e02575263/GAME-EDUKASI-BERBASIS-ROLE-PLAYING-GAME-DENGAN-METODE-FINITE-STATE-MACHINE.pdf
https://media.neliti.com/media/publications/60440-ID-implementasi-logika-fuzzy-mamdani-dalam.pdf
http://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/view/196
https://ridlow.wordpress.com/2015/05/01/ular-tangga-dan-markov-chain/
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/5387/1/BILQIS%20EL%20JILNAR-FST.pdf
https://media.neliti.com/media/publications/111067-ID-implementasi-rule-base-system-dan-fuzzy.pdf
https://anzdoc.com/aplikasi-permainan-space-impact-berbasis-artifical-intellige.html


No comments:

Post a Comment

LightBlog