Board Game
Board game
adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, berupa papan
permainan yang telah di desain sedemikian rupa sesuai jenis permainan, board
game bisa menggunakan koin, dadu, pion, kartu atau semacamnya yang digunakan
dengan cara tertentu, sesuai dengan peraturan tiap-tiap jenis board game.
Board game bukanlah penemuan yang baru. Faktanya, board games
yang di temukan di dekat Jordan di situs arkeologikal di perkirakan berumur 7000 tahun. Board game
awal ditemukan sangat mirip board game yang populer yakni Mancala (sejenis
peemainan congkak/dakon). Senet, salah satu board game yang memiliki pion
seperti catur atau halma. Ditemukan didalam makam yang berumur 3500 SM. Lebih jauh lagi ditemukan juga
beberapa artistik orang Mesir sedang bermain senet.
Algoritma MinMax
Algoritma
minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan
catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut
bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax,
pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan.
Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua
kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk
menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi
kemungkinan untuk sebuah permainan catur pada setiap geraknya sangat banyak
sekali. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax yaitu
algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk
menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara
rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum.
Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya.
Ini berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon
permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang
paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat
komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam penentuan keputusan
tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan
yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Untuk itulah disini
digunakan sebuah fungsi heurisitic untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang
merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut
dipilih. Biasanya pada permainan tic tac toe ini digunakan nilai 1,0,-1 untuk
mewakilkan hasil akhir permainan berupa menang, seri, dan kalah. Dari
nilai-nilai heuristic inilah komputer akan menentukan simpul mana dari pohon
permainan yang akan dipilih, tentunya simpul yang akan dipilih tersebut adalah
simpul dengan nilai heuristic yang akan menuntun permainan ke hasil akhir yang
menguntungkan bagi komputer.
Table Transposition
Dan Memory
Algoritma dapat menggunakan tabel transposisi untuk
menghindari melakukan pekerjaanekstra dalam mencari posisi board yang sama
beberapa kali
- Memori kerja posisi board sudah dikenal
- Menggunakan fungsi hash khusus desiderata: sebarkan posisi-posisi yang mirip seluas mungkin melalui kisaran nilai hash nilai hash yang banyak berubah saat berpindah dari papan bergerak mengalami perubahan yang sangat sedikit.
- Kunci zobrist adalah sekumpulan bit acak dari fixed-length pola yang tersimpan untuk setiap kemungkinan keadaan dari setiap lokasi yang mungkin ada pada board. Contoh: Catur memiliki 64 kotak, dan masing-masing persegi bisa kosong atau ada 1 dari 6 potongan berbeda di atasnya, masing-masing dua warna mungkin.Zobrist kunci harus seperti berikut : 64 2 (6 + 1) = 832 bit-string yang berbeda.
- Kunci Zobrist perlu diinisialisasi dengan bit-string acak dengan ukuran yang sesuai. Untuk setiap kotak yang tidak kosong, tombol Zobrist adalah mendongak dan XORed dengan jumlah hash yang berjalan.
- Zobrist Key dapat diperbarui secara bertahap
http://voice-teacher.blogspot.com/2015/09/mengenal-board-game-dan-manfaatnya.html
No comments:
Post a Comment