PROPOSAL PENAWARAN
KUMAN GAMING SOLUTION
(KGS)
Dosen : Lely Prananingrum
Kelas : 4IA20
Kelompok : Kuman Gaming Solution
Anggota :
1. Ferdiyan
2.Gabriella Vqnia
3. Harry Subiardi
4. Raudatus Shalihah
5. Yusman Anwar
Kelas : 4IA20
Kelompok : Kuman Gaming Solution
Anggota :
1. Ferdiyan
2.Gabriella Vqnia
3. Harry Subiardi
4. Raudatus Shalihah
5. Yusman Anwar
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Sejarah
Berdirinya Usaha
Kuman Gaming Solution adalah toko
yang menjual perlengkapan gaming yang berlokasi di Jakarta,
Mangga 2 Mall Lantai 2 No.2A yang didirikan oleh lima anak muda yang menamai teamnya
dengan sebutan kuman, oleh karena itu toko ini dinamai dengan kuman gaming
solution, kami mendedikasikan diri kami dalam menjawab Kebutuhan gaming anda.
Toko kami di supplies dengan Gaming equipment terkemuka dari berbagai negara yang telah
terbukti di dunia gamers.
1.2 Visi
1.
Kami tidak hanya
bisa menjual barang
2.
Kami mengerti
apa yang kami jual
3.
Kami mereview
barang gaming yang beredar sendiri dengan komunitas kami
4.
Kami mampu
service gaming gear dan tentunya kita memberikan Service purna jual yang
terbaik terutama dalam masalah after sales dan garansi semuanya hanya untuk
menjawab kebutuhan Gaming Gear anda.
1.3 Misi
1.
Memajukan
Industri gaming di indonesia dengan cara memberikan gaming gear yang terbaik.
2. Untuk menjadi perusahaan terkemuka di Indonesia dalam bisnis equip
gaming dengan jaringan toko modern berskala luas dan didukung oleh layanan
terbaik dan fasilitas lengkap.
3. Memberikan
kepuasan kepada konsumen melalui produk kami.
BAB II
3
ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP)
Segmen Pasar
Kuman Gaming Solution ditujukan bagi
mereka yang berjiwa muda, khususnya gamers. Didukung dengan berbagai pilihan
product yang lengkap serta harga jauh lebih murah dibandingkan toko-toko
lainya, bukan hanya untuk kaum gamers saja, tapi juga menyediakan berbagai
peripheral untuk semua kalangan. Dengan dilengkapi pelayanan yang terbaik kepada
konsumen sehingga tidak akan mengecewakan sama sekali kepada konsumen.
Target Pasar
Pasar yang kita coba identifikasi
ialah kaum muda yang sedang gemar bermain game online saat ini dan kebanyakan
pasar peripheral gaming ini sedang banyak diminati oleh kaum muda saat ini.
2.2 Permintaan
Jika dilihat dari estimasi dalam sehari tidak akan kurang dari 30
orang mendatangi toko kami karena kebanyakan orang membeli barang melalui
online. Kemudian ditambah dengan pelayanan yang diberikan lebih baik, diperkirakan
35% dari total permintaan menginginkan pelayanan yang lebih baik, yaitu :
35% x 30 = 10 orang perhari atau 10 orang x 30 hari = 300 orang
perbulan.
Sales Promotion
Untuk memudahkan pelaksanaan penjualan,
dilakukan usaha promosi (komunikasi pemasaran). Upaya yang akan dilakukan untuk
strategi pengiklanan dimulai dari pembuatan akun social media seperti
Instagram, Facebook dll. Pemasaran lewat media sosial lebih cepat dan mudah, juga
lebih efisien bagi konsumen jika ingin mendapat informasi mengenai prodak game
yang kami tawarkan atau pasarkan.
Personal Selling
Strategi
penjualan produknya dilakukan secara personal atau tatap muka langsung dengan
konsumen. Untuk dapat langsung masuk ke masyarakat, KGS
melakukan berbagai macam cara yaitu seperti mengikuti pameran. Salah satunya adalah ikut pameran
Teknologi Komputer Indonesia, disini KGS menawarkan langsung bagaimana produk KGS,
sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini serta menjelaskan apa saja produk
yang kita jual dan kelebihan dari alat game yang kami ciptakan.
Public Relation
Strategi
publisitas dan publik relation penting untuk meningkatkan ketertarikan
konsumen, apabila dilakukan dengan baik strategi ini dapat menunjang
strategi-strategi promosi lainnya yang akan dilakukan. Kegiatan
yang berhubungan dengan publisitas dan publik relation ini adalah ke ikut
sertaan dalam event-event lokal seperti
Festival Game Online atau bahkan kita yang menyediakan Fasilitas event pameran,
bukan hanya rekan dan partner yang ikut serta tetapi konsumen dan calon
konsumen pun ikut bergabung karena memiliki minat terhadap acara yang kita
suguhkan.
2.3 Placement
Tempat usaha yang akan didirikan sangat strategis karena terdapat
di Pusat Perbelanjaan Periperal Komputer. Tepatnya berada di Mangga Dua Mall Lantai 2 No. 2A Jakarta
Pusat, yang setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung dan
dikelilingi oleh Toko toko lain yang selalu ramai dengan pengunjung, hal ini
dapat dijadikan peluang besar.
2.4 People
Dalam pemberian pelayanan terhadap para pelanggan, kami
menyiapkankaryawan yang sebelumnya telah kami berikan arahan dan pelatihan,
mereka juga mempunyai basis dari sebuah organisasi ketika masih dalam jenjang
pendidikan. Lebih banyak kami mengambil karyawan yang mencari waktu freeline dan karyawan yang berusia
18-25 tahun karena ini sebagai pemikat bagi penggan dari segi pandangan
pertama. Sehingga karyawan kami telah
siap untuk berhubungan langsung dengan pelanggan dilihat dari cara bicara,
tutur kata, ekspresi wajah dan body
languangenya.
2.5 Process
Mutu pelayanan terhadap pelanggan sangat bergantung pada proses
penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan yang
kita miliki di samping dilihat dari kualitas barang yang tersedia terdapat juga
karyawan yangmemberikan pelayanan, maka untuk menjamin mutu layanan (Quality
assurance),seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem
dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi,
berkomitmen, dan loyal terhadap toko Kuman Gaming Solution.
2.6 Physical Evidence
Gedung yang didesain secara unik merupakan bagian dari bukti fisik,
karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam
perusahaanyang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, perlengkapan
bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi
perhatian penting dandapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat
menciptakan suasana sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat
memberikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama
perusahaan dengan kelas market khusus.
LINK DOWNLOAD PDF
DOWNLOAD HERE!
No comments:
Post a Comment